• Facebook Perdosri Jatim
  • Instagram perdosri_jawatimur
  • Email perdosrijatim@gmail.com

Thumb
06 Feb
  • Redaksi
  • 06 Feb 2021

Text Messaging Hazard ?!

Nyeri pada pergelangan tangan dekat ibu jari sering dikeluhkan pada pengguna “Gadged”. De Quervain’s tenosynovitis, yaitu penyakit yang ditandai nyeri pada sisi pangkal ibu jari,disekitar pergelangan tangan. Sering ditandai dengan nyeri saat membengkokkan pergelangan, melakukan genggaman, dan memegang benda.
De Quervain’s disebabkan karena gerakan berulang seperti menulis, mengangkat bayi, racket sport, dan mengetik di handphone. Gelaja yang tampak adalah nyeri, pembengkakan, kesulitan bergerak, dan sensasi macet/ kaku.
Faktor resiko terjadinya de quervain adalah usia, kehamilan, lebih sering pada wanita, dan gerakan2 yang berulang pada ibu jari. Hmmm… saya akan menambahkan “pemilik online shop” dan sosialita sos med sebagai faktor resiko.
 
Sekarang De Quervain bukan hanya milik orang dewasa, tetapi saat ini banyak remaja yang juga mengalami. Hal ini karena sebagian besar remaja sudah memiliki HP, dan mereka mengirimkan text dalam jumlah banyak setiap hari. Statistik di US sudah menunjukkan angka2 yg cukup membuat kita “ wow..”. Di Indonesia saya belum menemukan surveynya, tapi lihat saja di mal dan tempat lain. Berapa banyak remaja / dewasa yg lebih “berbicara” dgn gadgetnya dan mencuekkan teman manusia didepannya.
 
Terapi dapat dilakukan dengan medikamentosa (obat), terapi rehab medik berupa modalitas , exercise untuk de quervain’s dan splint, injeksi, serta pembedahan pada tahap lanjut.
Pencegahan dilakukan dengan mengurangi gerakan repetitif, mengatur posisi yang ergonomis bagi tangan& jari, atur pola istirahat dalam bekerja, dan lakukan exercise yang diajarkan. Call your doctor when you get the symptom.
 
So be wise with your gadget…happy texting…