• Facebook Perdosri Jatim
  • Instagram perdosri_jawatimur
  • Email perdosrijatim@gmail.com

Thumb
09 Jun
  • Redaksi
  • 09 Jun 2021

PERINGATAN HARI DISABILITAS INTERNASIONAL 2020 PERDOSRI CABANG JAWA TIMUR

Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember merupakan momentum bagi berbagai elemen mansyarakat untuk memperhatikan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas. Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi sangat erat kaitannya dengan penyandang disabilitas. Peran sertanya antara lain dalam layanan yang bertujuan mengoptimalkan kemampuan individu untuk mempertahankan dan mencapai tingkat fungsi fisik, mental, emosional, sosial, dan spiritual untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi penyandang disabilitas.

 

 

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat PERDOSRI Cabang Jawa Timur untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional 2020 dengan tema “not all disabilities are visible”. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Disabilitas Internasional ini dilakukan secara online. Tak tanggung-tanggung, Perdosri Cabang Jawa Timur mengadakakan 3 acara sekaligus. Rangkaian acara tersebut diawali dengan kegiatan Charity Virtual Run and Ride pada tanggal 25 November-5 Desember 2020, dilanjutkan dengan senam zumba bersama PERDOSRI Cabang Jawa Timur pada tanggal 5 Desember 2020, dan ditutup dengan webinar awam dan medis “Raising Awareness about Disability” pada tanggal 6 Desember 2020.

 

 

 

Salah satu wadah yang bisa dipilih sebagai wujud dukungan untuk meningkatkan kesadaran akan kepedulian bagi penyandang disabilitas adalah dalam bentuk olahraga. Berlari atau bersepeda sebagai jenis olahraga yang sedang digemari saat ini dapat dijadikan pilihan untuk menunjukkan kepedulian. Ini yang mendasari dilaksanakanya kegiatan Virtual Charity Run and Ride PERDOSRI Cabang Jawa Timur. Dengan memberikan donasi sebesar minimal dua puluh ribu, peserta dapat memilih dan mengikuti kategori 5 Km Run, Most Km Run, 20 Km Bike Ride, dan Most Km Bike Ride. Peserta yang tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan Virtual Run and Ride masih bisa mengikuti kegiatan penggalangan dana dengan memilih kategori Donation Only. Kegiatan lari dan bersepeda ini dilakukan dengan rute masing-masing dan hasilnya dicatat menggunakan aplikasi Strava yang dipasang pada smartphone masing-masing peserta. Untuk memudahkan peserta dalam berpartispasi, PERDOSRI Jawa Timur mengadakan IG Live mengenai persiapan Virtual Run and Ride dan cara menggunakan aplikasi Strava pada tanggal 20 November 2020 yang dibawakan oleh dr. Abdul Jabbar Al Hayyan, Sp. KFR dan dr. Gde Ganjar Oka Narasara, Sp. KFR. Antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini ditunjukkan melalui 146 partisipan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Lima peserta terbaik pada masing-masing kategori mendapatkan medali, sedangkan peserta lainya mendapatkan e-medal sebagai bentuk tanda partisipasi. Terdapat peserta yang berhasil menemuh 430 Km pada kategori lari dan 584 Km pada kategori bersepeda.

 



Selain berpartisipasi dalam kegiatan Virtual Run and Ride, anggota PERDOSRI Jawa Cabang Jawa Timur juga mengikuti senam zumba virtual yang dilakukan di rumah masing-masing dipandu oleh instruktur zumba bersertifikat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik dan menjadi momen kebersamaan bagi anggota PERDOSRI Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung selama 1 jam ini mendapatkan sambutan yang baik dari para anggota, ditandai dengan  keikutsertaan 78 anggota PERDOSRI Jawa Timur dan juga PPDS IKFR Unair dan Unibraw.

 

 

Puncak acara peringatan hari disabilitas internasional PERDOSRI Jawa Timur berupa webinar awam dan medis bertemakan “Raising Awareness about Disabilities”. Acara diawali dengan pembukaan oleh dr. Dewi Masrifah Ayub, Sp.KFR sebagai MC acara dan disusul dengan sambutan oleh dr. Abdul Jabar Al Hayyan, Sp. KFR selaku ketua panitia, Ibu Wiwiek Teddy Ontoseno selaku ketua YPAC Surabaya, Ibu Ir. Endang Haryani W. B. selaku ketua YPAC Malang, dan Dr. dr. Rita Vivera Pane, Sp.KFR(K)-FIPP selaku ketua PERDOSRI Jawa Timur, serta doa bersama yang dipimpin oleh dr. Sri Harnowo, Sp.KFR. Dipandu oleh dr. Dyah Intania, SpKFR, topik yang disajikan pada webinar ini meliputi : (1) Peran Rehabilitasi Medik pada Tatalaksana Disabilitas yang dipresentasikan oleh dr. Rwahita Satywati, Sp.KFR-K (2) Menembus Batas untuk Anak dengan Disabilitas yang dipresentasikan oleh Dr. dr. Ratna D. Haryadi, Sp. KFR-K; dan (3) Bernapas Lega dan Bugar di Era Pandemi yang dipresentasikan oleh dr. Dewi Poerwandari, Sp.KFR-K. Selain itu, webinar ini juga menghadirkan disabel berprestasi Bapak Sadikin Pard (pelukis disabel) dan Nor Fadili (mahasiswa dan aktivis Disable Motorcycle Indonesia) sebagai tamu spesial untuk berbagi pengalaman dan motivasi kepada para peserta webinar. Sekitar 258 peserta mengikuti webinar yang berlangsung selama 3 jam ini melalui aplikasi zoom meeting dan youtube live. Pada akhir acara dilakukan pengumuman total donasi sebesar 28.310.000 yang selanjutnya diserahkan kepada YPAC Surabaya, YPAC Malang, dan organisasi Disable Motorcycle Indonesia. Selain itu juga diumumkan 5 pemenang masing-masing kategori lari dan bersepeda yang akan mendapatkan medali dan 5 penanya terbaik yang akan mendapatkan doorprize berupa kaos hari disabilitas internasional PERDOSRI Jawa Timur 2020.  Seluruh peserta webinar mendapatkan e-certificate yang diberikan setelah akhir acara.

Tentang Kami




Alamat

  • Wing Soedarso Gedung IDI Cabang Surabaya Jl. Mayjend Prof. Dr. Moestopo No.117 Surabaya
    Phone: (031) 5045089

Anggota

  • > Login Anggota